Dishub Kota Tangerang Sukses Sinari Kampung Terang Di 70.000 Titik

by -209 views

Lampu Hijau, Kota Tangerang

Penerangan Jalan Umum ( PJU ) Kota Tangerang awalnya dikelola oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Seiring berjalannya waktu, tepat di tahun 2016 pengelolaan PJU diserahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang.

Dalam pengelolaan PJU, Dishub Kota Tangerang membagi menjadi dua unit, yaitu PJU Tangerang Terang dan PJU Kampung Terang. Hal ini sesuai dengan wilayah Tangerang yang terdiri dari Tangerang Terang dan Kampung Terang.

Pada tahun 1995, saat PJU masih dikelola PLN, lokasi pengerjaannya masih di jalan-jalan ibukota Tangerang. Target sasaran saat itu PJU menerangi jalanan ibukota Tangerang, yaitu jalan-jalan utama di kota Tangerang. PJU Tangerang Terang saat ini sudah mempunyai 29.561 ditambah dengan 4.000 titik untuk perumahan-perumahan di kota Tangerang. Sehingga total menjadi 33.562 titik.

Abdul Kholid, Kabid PJU Dishub Kota Tangerang

Kemudian di tahun 2016, saat PJU sudah dikelola Dikelola Dishub Kota Tangerang, baru dikelola PJU Kampung Terang, dengan sasaran semua perkampungan/daerah pelosok yang ada di Kota Tangerang. Sasarannya semua jalanan sempit, perkampungan harus diterangi listrik.

Alhasil, 70.000 titik yang terletak di 13 Kecamatan akhirnya diterangi. Dengan segala kerja keras Dishub Kota Tangerang menjangkau semua titik supaya mendapatkan penerangan yang maksimal.

Kepala Bidang PJU Dishub Kota Kota Tangerang Abdul Kholid mengatakan untuk Kampung Terang, pelaksaannya berkerjasama dengan pihak Kecamatan setempat, dengan tujuan tepat sasaran dan mengetahui persis kondisi masing-masing wilayah di lapangan.

” Kami memfasilitasi pengajuan dari kecamatan, jalan kampung mana saja yang akan dipasang lampu dari Kampung Terang,” ujar Abdul Kholid pada Lampu Hijau, Minggu (22/11).

Ia mengatakan saat ini Kampung Terang sudah terpasang di 70.000 titik yang terdiri dari 13 Kecamatan di Kota Tangerang. “Untuk selanjutnya, Dishub Kota Tangerang masih menunggu kabar dari tiap kecamatan, wilayah mana lagi yang membutuhkan penerangan,” tegas Abdul Kholid.

Abdul Kholid menerangkan bahwa Tangerang Terang dan Kampung Terang ini sudah berjalan dengan baik, namun pihaknya tetap menunggu laporan dari tiap kecamatan untuk pelaksanaan berikutnya.

Wahyudi Iskandar, Kadishub Kota Tangerang

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Wahyudi menjelaskan saat ini Tangerang Terang dan Kampung Terang masih terus berjalan dan memenuhi kebutuhan penerangan masyarakat akan penerangan.

” Yang paling utama memang sekarang ini di program Tangerang Terang yaitu penambahan titik penerangan, perbaikan lampu yang rusak di jalan-jalan utama Kota Tangerang. Sementara untuk Kampung Terang, kami masih menunggu informasi dari pihak kecamatan setempat, apakah ada penambahan titik di wilayahnya,” terang Wahyudi, Minggu (22/11).

Wahyudi berharap semua penerangan di jalan-jalan utama Kota Tangerang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat umum dan keselamatan bagi pengendara di jalan. “Dengan penerangan yang maksimal untuk kampung terang diharapkan lingkungan Tangerang Kota makin nyaman, enak di lihat dan asri,” pungkas Wahyudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *