Sapu Bersih, Lima dari Enam Kategori Penghargaan LPMP Disabet Pemkot Tangerang

by -132 views

Lampu hijau, Kota Tangerang –


Dipenghujung tahun ini, Pemerintah kota Tangerang melalui dinas pendidikan kembali meraih penghargaan dalam ajang SPMI Award Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Banten.

Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi dan inovasi dinas pendidikan dalam menyajikan pelayanan pendidikan yang optimal kepada masyarakat.

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan langsung oleh kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Banten Iwan Kurniawan kepada Plt Kepala dinas pendidikan Drs.H Jamaluddin,M.Pd di Hotel Sol Marina Tangerang Jumat (12/12/2020).

Dalam keterangannya, Iwan menjelaskan, pada proses penjaminan mutu bersinergi dengan pemerintah daerah dan sekolah. Sehingga, ada efek domino terhadap sekolah lain.

“Kami membantu bagaimana pemerintah dearah dan sekolah bisa mencapai mutu standar nasional pendidikan. Jumlah sekolah di Banten cukup besar sekira ada 7.400 sekolah. Harapannya sekolah bisa mengimbaskan ke sekolah lainnya dalam hal penjaminan mutu,” kata Iwan.

Dinas pendidikan kota Tangerang, Menurut Iwan layak mendapatkan penghargaan tersebut lantaran selain dari pengembangan sekolah binaan, LPMP memberikan apresiasi terhadap kinerja sekolah atas capaian pada proses penjaminan mutu.

Hingga pada akhirnya, sekolah bisa memenuhi 8 standar nasional pendidikan (SNP). Juga sekolah memaparkan gerakan positif yang dilakukan pada penjaminan mutu.

Delapan SNP yang telah dicapai menurutnya adalah, standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan.

“Mereka (sekolah) ekspose praktik-praktik baik yang mereka miliki. Seperti, gerakan literasi, pendidikan karakter hingga pembelajaran di sekolah. Nantinya, mendorong sekolah lain juga ingin berprestasi dalam hal proses penjaminan mutu,” ungkapnya.

Iwan merinci dinas pendidikan kota Tangerang layak untuk mendapatkan 5 kategori penghargaan atas dedikasinya dalam upayanya meningkatkan mutu pendidikan.

“Adapun yang diserahkan pada hari ini diantaranta Inovasi Pendidikan, Progres penjamin mutu pendidikan, kelompok pengawas terbaik dalam suvervisi mutu, pengalaman baik jenjang SD dan Pengalaman baik jenjang SMP,”jelas Iwan.

Drs. H. Jamaluddin,M.Pd Plt kepala dinas pendidikan kota Tangerang kepada wartawan mengaku bangga atas torehan prestasi yang diraihnya tersebut.

Menurut dia, perolehan penghargaan tersebut diharapkan dapat lebih memacu seluruh jajaran didinas pendidikan untuk dapat lebih meningkatkan inovasi dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat Kota Tangerang.

“Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan dan diharapkan menjadi pemicu bagi guru, kepala sekolah dan pengawas untuk dapat lebih optimal dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam hal pendidikan,” tutur Jamal.

Dengan demikian, ia berharap kepada seluruh jajarannya untuk dapat terus mempertahankan dan meningkatkan performa belajar mengajar yang efektif kendati ditengah pandemi.

“Pandemi bukan menjadi alasan untuk berhenti berinovasi dan berkreasi, dimasa pandemi seluruh iajaran dinas pendidikan justru dirangsang untuk lebih produktif dalam menghasilkan karya – karya inovatif dalam memberikan pelayanan,” tuturnya.

Disisi lain, masih menurut Jamal, pandemi juga menjadi salahsatu tolak ukur kretifitas guru – guru, kepala sekolah dan pengawas untuk lebih peka terhadap peningkatan mutu pendidikan yang ada dikota Tangerang.

“Sebelumnya guru dikota Tangerang berhasil mencatatkan diri di museum rekor indonesia atas ribuan vidio pembelajaran yang diciptakan ditengah masa pandemi,”jelasnya.

Masih menurut Jamal yang juga tercatat sebagai ketua PGRI Kota Tangerang, belum lama ini beberapa sekolah diantaranya telah menciptakan suatu aplikasi pembelajaran sebagai pendamping dari program Tangerang belajar yang dapat diakses melalui aplikasi TangerangLive.

“Pandemi justru menjadi perangsang guru – guru untuk terus berinovasi dan berkreasi,”pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *