Dinas PUPR Kota Tangerang Bangun 117 Drainase

by -15 views

Lampu Hijau, Kota Tangerang –

Musim hujan akan segera tiba, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas PUPR telah melakukan persiapan dalam menghadapi musim penghujan ini. Satu di antaranya bangun 117 drainase yang tersebar di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Tangerang.

Kabid Tata Air Dinas PUPR Kota Tangerang, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (8/10/2021) mengatakan bahwa DPUPR Kota Tangerang membangun 117 drainase makro dan mikro. Adapun jumlah drainase mikro yakni sebanyak 117 titik dan makro sebanyak 7 titik.

“Untuk drainase mikro, dimensinya biasanya berukuran kurang dari 1 meter dan merupakan bagian dari drainase kawasan permukiman,” kata Mursiman.

Lebih lanjut Mursiman menerangkan, untuk drainase makro salah satunya ditandai dengan ukuran dimensi saluran lebih dari 1 meter dan fungsinya sebagai drainase utama (main drain) kawasan permukiman atau drainase perkotaan. Dari 7 drainase makro kata Mursiman, dibangun disejumlah lokasi rawan banjir.

“Seperti di Jalan Dimyati, Jalan Sutomo, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Perumahan Ciledug Indah, Jalan Larangan Indah, Jalan Mutiara Peluit dan Jalan RW 14 Karang Timur Permai. Pengerjaannya dimulai dari awal September sampai 4 bulan pengerjaan ke depan,” kata Mursiman.

Mursiman menjelaskan, sebanyak 117 drainase di beberapa Kelurahan di Kota Tangerang sedang diperbaiki. Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah unit pompa di berbagai lokasi.

“Untuk anggaran yang diluarkan dalam pembangunan drainase makro di 7 lokasi sebesar Rp. 8,2 miliar. Sedangkan untuk drainase mikro 110 lokasi berkisar Rp. 45 miliar,” ungkapnya.

Mursiman berharap agar pembangunan drainase ini dapat efektif dalam pengendalian banjir. Ditambah lagi dengan upaya lainnya dalam pembangunan tanggul dan turap.

“Untuk antisipasi banjir dan genangan adanya drainase ini sangat efektif,” tutupnya.(adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.