Dalam Rangka Hari Jadi ke 8, RSUD Kota Tangerang Edukasi Penyakit TBC

by -5 views

Lampu Hijau, Kota Tangerang –

Memperingati Hari TBC sedunia tgl 24 maret 2022, sekaligus Hari jadinya RSUD Kota Tangerang menggelar Edukasi penyakit TBC kepada pasien umum.

Kota Tangerang telah mempunyai 5000 kader di setiap puskesmas kecamatan yang bisa mengedukasi warga kota Tangerang betapa bahayanya Penyakit Tuber Colosis atau di sebut TBC.

” Di indonesia kasusnya tertinggi nomer 3 di dunia, dan untuk kota Tangerang juga termasuk tinggi yang terkena penyakit TBC, oleh karena itu edukasi kepada warga khususnya kota Tangerang harus rutin di laksanakan,” Kata dr. Virginia spesialis paru RSUD Kota Tangerang dalam wawancaranya kepada awak media sekaligus mengedukasi pasien umum di RSUD Kota Tangerang ( 24/03/22 ).

” Warga Kota Tangerang banyak yang terkena penyakit TBC Resisten Obat, yang artinya Banyak warga yang terkena penyakit TBC minum obatnya tidak tuntas ataupun tidak rutin waktunya sehingga mengulang kembali meminum obat dari awal, ” Kata dokter Virginia lagi.

” Perlu di ketahui, perkembakangan bakteri TBC sangatlah cepat sehingga apabila minum obatnya tidak rutin di waktu yang tentukan maka bakteri itupun berkembang biak lebih banyak lagi, ” Tutup dr Nia.

Di lain tempat, di klinik Akasia masih di kawasan RSUD Kota Tangerang mengadakan syukuran dari 56 pasien 1 orang sudah sembuh dan edukasi kepada yang belum sembuh untuk semangat, sabar dan teruskan rutinitas minum obatnya.

Dalam wawancaranya Direktur RSUD Kota Tangerang dr O.U. Taty Damayanty menjelaskan bahwa penyakit TBC ini dapat disembuhkan. Penyakit TBC sensitive obat lama pengobatan 6 bln, sehingga bisa sembuh dalam waktu 6 bulan, asal disiplin, rutin dan patuh meminum obatnya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,sedangkan TB Resisten Obat bisa memakan waktu lebih panjang pengobatannya, Oleh karenanya warga Kota Tangerang jangan takut akan penyakit TBC karena penyakit ini sudah ada obatnya, segera berobat dan insya Allah bisa sembuh asal minum obat rutin dan discipline,” Jelas dr. Taty

” Dalam rangka hari jadi RSUD Kota Tangerang yang ke 8 dan Hari TBC sedunia, sudah ada 1 pasien TB RO yang sembuh. Lama pengobatan TB RO 9 sampai 11 bln dan atau 18 bulan – 24 bulan, ” Kata dr. Taty lagi. ( Rik)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.