Menambah Penghasilan Warga, Camat Ciledug Bangga Adanya Bank Sampah Kampung Darling Di Kelurahan Sudimara Jaya

by -151 views

( Camat Ciledug H.Moh Marwan S.iP memberikan hadiah kepada Nasabah Bank Sampah Kampung Darling yang aktif )

Lampu Hijau, Kota Tangerang

Dalam rangka memerangi penumpukan sampah yang tidak bermanfaat, Warga Rt. 04 Rw. 11 Kelurahan Sudimara Jaya Kecamatan Ciledug Kota Tangerang membuat Bank Sampah di lingkungan kampung tematik Kampung Darling, Di ketuai Bapak Sobirin selaku Ketua Rt setempat.

Di tahun 2022 ini, Bank Sampah Kampung Darling Kelurahan Sudimara Jaya Kecamatan Ciledug mendapat penghargaan Juara 1 sebagai Pengelolaan Sampah Terbaik Tingkat SeKota Tangerang dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang dan Juara 1 Bank Sampah Unit Non Binaan Inovation Competition ( Basic ) 2022 Astra International Tingkat Nasional.

Dalam wawancaranya Ketua Bank Sampah Sobirin kepada awak media mengatakan, bahwa Bank Sampah di Kampung Darling Sudimara Jaya terlahir dari tanggal 20 bulan Februari tahun 2020 dengan tujuan dari didirikannya bank sampah untuk mewujudkan hidup sehat dan bersih di lingkungan warga dan juga mendapatkan manfaat mata pencarian warga khususnya RT.04 RW.11, Selasa ( 09/08/22 ).

“Jadi, warga bisa memilah dan mengolah sampahnya dirumah, berupa semacam plastik, kertas, kardus, botol dan gelas plastik maupun kaca, dan yang paling besar nilainya yaitu element besi dan alumunium dimana semua di sebut sampah Unorganik, sampah di kumpulkan terlebih dahulu di rumah masing masing lalu di bawa ke Kampung Darling yang nantinya di timbang dan setiap item sampahnya mendapatkan nilai Rupiah, ya menjadikan penghasilan bulanan, dan akhirnya warga berbondong bondong datang dengan antusias,” ungkap Sobirin.

” Sehingga dampak lingkungan adanya Bank Sampah Kampung Darling mewujudkan hidup sehat dan bersih, Untuk sementara sekarang sudah ada sekitar 120 nasabah di Bank Sampah Kampung Darling, ya untuk Sumber mata uang bagi mereka juga, ” kata Sobirin lagi

“ Sebagai Contoh Bapak paimin hadi siswanto yang akrab di panggil pakde Min adalah nasabah terbaik Bank Sampah dari awal yang ikut bergabung, sudah mendapatkan penghasilannya 800 ribu sampai 1 jt dalam satu bulannya, jadi untuk warga kelurahan Sudimara Jaya, membuang sampahnya jangan kemana mana, antarkan saja ke Kampung darling dan menjadi Nasabah Bank Sampah, intinya menabung, Alhamdulillah sampahnya menjadi uang, ” Jelas Sobirin lagi.

Sedangkan Camat Ciledug H. Muhammad Marwan. S.iP menjelaskan Bank Sampah Kampung Darling mempunyai nilai tersendiri bagi Kecamatan Ciledug, dengan memenangkan Kejuaraan Pengelolaan Sampah di tingkat Kota Maupun Nasional.

” Atas menangnya Bank Sampah Kampung Darling merupakan hadiah Dirgahayu Republik Indonesia tahun 2022 untuk warga Kecamatan Ciledug, di setiap kelurahan baik di RW maupun RT sudah bisa mengikuti seperti Kampung Darling, ” ujar Camat Ciledug.

” Ke depan, kami akan membuat bank sampah di RT masing masing setiap kelurahan lain, sehingga warga tidak lagi membuang sampah di jalan dan akhirnya tidak ada manfaatnya,” Jelas Camat lagi.

“Semoga Bank Sampah Kampung darling Sumber mata uang bagi warga Ciledug yang bisa menjadi tambahan penghasilan bagi warga Ciledug dan Ini bisa saya katakan pilot project yang sukses dan ke depannya harus terus dilanjutkan,” Tutup Camat Ciledug. ( Rik )

( Penimbangan sampah dalam setiap minggunya di kawal langsung Bpk. Sobirin )

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.