Kolaborasi PLN UID Banten dengan 3 Kelompok Digital Marketing Bantu kembangkan Keahlian Pemasaran Digital usaha masyarakat

by -3 views

Lampu Hijau, Kabupaten Tangerang –

Program Kampung Digital Marketing bersama Kelompok Hijrah Digital Comunity, UMKM Digital Marketing bersama Komakata dan Dinas Perindustrian Kabupaten Tangerang, serta Farmers Go Online bersama Paguyuban Banten Go Online dan Forum TJSL Kota Tangerang. Semua program diadakan dengan tujuan peningkatan keahlian UMKM setempat dalam memasarkan produknya di sosial media, website, dan marketplace (28/12 ).

Dukungan PLN UID Banten meliputi pengadaan studio, perangkat (device) digital pendukung pemasaran seperti laptop, handphone, printer, set up internet, dan pembuatan website.

Selain itu terdapat pelatihan pemasaran digital, customer service dan edukasi penanaman pohon anggur khusus di program farmers go online.

Untuk materi pemasaran digital dipaparkan oleh Maulidiyyansyah yang merupakan praktisi pemasaran digital. Salah satu tips yang ia sampaikan dalam materi ini untuk menggunakan fitur Google Trends untuk mencari kata kunci barang yang dicari di wilayah tertentu. Hal ini tentunya dapat membantu para pelaku usaha dalam menentukan wilayah pemasarannya.

Selain itu, materi mengenai customer service disampaikan oleh Afriadinata P yang merupakan CEO dari akademibisnis.id dan JEKFOOD. Pada materi ini para peserta dibekali dengan kiat-kiat bagaimana melayani pelanggan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Dan materi tentang digital marketing, sosmed marketing, dan branding packaging oleh Syukri yang merupakan owner dari Areta Informatik Collage.

Ujang Sudiartono, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tangerang, Mengatakan, “Alhamdulillah kami sangat bersyukur bisa berkolaborasi bersama PLN Peduli dalam rangka pelatihan digital marketing. Besar harapan kegiatan ini bisa terus berlanjut dan kolaborasi jangka panjang untuk membantu memasarkan produk-produk UMKM dan IKM Kabupaten Tangerang terutama bisa di kenal bukan hanya di Indonesia namun bisa lebih luas sampai ke luar.”

Kami sangat berterima kasih kepada PLN yang mensupport kegiatan digital marketing ini sehingga terlaksana dengan baik, pungkas Ujang.

Senada dengan hal diatas, Rekky Salfischberger, Assistant Manager Tanggungjawab Sosial Lingkungan PT PLN Unit Induk Distribusi Banten, Mengatakan, “Digital marketing memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam proses pemasaran produk-produk UMKM, sehingga PLN hadir untuk membantu dan menguatkan para pelaku UMKM untuk bisa semakin meningkat penjualnya dan semakin melek dunia marketing online.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.