Manajemen Wahana Artha Group Buka Puasa Bareng Pegiat Tinta Pena

by -13 views

Lampu Hijau, Jakarta –

Ramadhan Wahana Artha Group Bersama Pegiat Tinta Pena atau Awak Media, Padat Kegiatan Bermanfaat Demi Perkuat Semangat Silaturahmi” merupakan tema utama yang diangkat pada kegiatan buka puasa bersama Wahana dengan Jurnalis, Blogger serta Vlogger kali ini berlokasi di Yello Hotel Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (13/3).

Tidak Sekedar berbuka puasa bersama, ajang ini juga jadi salah satu cara mempererat hubungan baik yang telah terjalin selama ini. Buka puasa tahun ini sangat spesial pasalnya Wahana Artha Group (WAG) ajak tim manajemen dari beragam lini bisnis ramah tamah dengan rekan jurnalis, blogger dan vlogger yang selama ini mendukung pertumbuhan bisnis dengan beragam publikasi positif.

Kiri – kanan chief of marketing officer, Edi Setiawan, direktur PT. Sahari Multi Investama, Fenfira, Chef of Staff, Ingrid Firmansyah, Group Head of Corcomm, Diana Anggraini

Lini Otomotif, Berkembang Baik

Wahana Artha Group sebagai entitas bisnis miliki dua lini bisnis yaitu Integrated Motorcycle Service, Hospitality dan Food & Beverage. Merambat pasti, lini otomotif roda dua mulai bangkit bertahap seiring dengan positifnya gerak ekonomi dan daya beli masyarakat.

Chief Marketing Officer PT Wahana Makmur Sejati, Edi Setiawan yang hadir dalam kegiatan buka puasa ini juga menjelaskan singkat terkait perkembangan bisnis roda dua Wahana yang terpisah dalam dua perusahaan yaitu Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) dan PT. Wahanaartha Ritelindo (WARI) selaku perusahaan ritel yang tersebar diberbagai wilayah di Indonesia.

“Bisnis otomotif roda dua berkembang cukup baik dengan penguatan ekonomi masyarakat. Kedua perusahaan yaitu WMS dan WARI menunjukkan data penjualan kuartal 1 tahun 2023 bergerak baik,” papar Edi. Data yang dibeberkan Edi Setiawan menjelaskan penjualan positif sepanjang kuartal 1 2023 untuk dua perusahaan dengan detail 94.008 unit (all type) untuk wilayah Jakarta dan Tangerang oleh PT. Wahana Makmur Sejati, sedangkan ritel melalui WARI berhasil melepas 16.007 unit (all type) dari 35 outlet jaringan penjualan yang tersebar dibeberapa wilayah Indonesia. Lebih dekat dengan konsumen motor Honda, tahun ini WARI buka cabang baru di dua lokasi yaitu, Tambora dan Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Masih termasuk dalam lini bisnis otomotif, PT. Tristar Transindo (TST) yang bergerak di bidang Land Transporter terus mengembangkan kemampuan armada untuk penuhi kebutuhan klien. Kini TST diperkuat dengan armada berupa 114 unit truk motor carrier kapasitas 6 hingga 90 unit. Lalu 93 unit truk car carrier dengan kemampuan angkut 1 unit (towing) hingga 6 unit. Layanan cargo diperkuat 85 unit truk cargo mulai dari ukuran blind van, CDE Box hingga wing Box. Selain itu, TST juga sediakan rental mobil serta motor untuk skala korporat dengan miliki 63 unit kendaraan niaga dan 60 unit rental motor.

Jangkauan layanan juga diperluas ke berbagai tujuan di Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Bali, hingga Lombok. Selain armada dan perluasan jangkauan angkutan, TST juga kembangkan kenyamanan layanan konsumen dalam bentuk digital untuk monitoring detail lokasi hingga kecepatan armada. Kini, TST miliki tiga pool yang berada di Cimanggis Depok-Jawa Barat, Karawang Barat-Jawa Barat dan Sidoarjo-Jawa Timur.

Konsumen adalah aset berharga, grup bisnis yang tahun ini akan tapaki usia ke 51 tahun secara khusus dirikan satu perusahaan yang fokus tangani konsumen dengan program andalan (Customer Relationship Management). Didirikan sejak 2009 silam PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM) bertugas menjaga loyalitas puluhan ribu konsumen setia Honda Jakarta Tangerang dengan produk CardPlus. Tidak hanya promo potongan harga, konsumen juga berhak untuk dapatkan asuransi kecelakaan hingga promo spesial di berbagai promo merchant ternama yang jadi rekanan.

Jaga loyalitas konsumen sekaligus berikan beragam keuntungan, WKM secara umum menjalankan beberapa program sebagai Customer Database Management, Card Services Management, Merchant Network, Promotional & Communication Services, dan Digital Membership.

Hospitality dan Food & Beverage

Penuhi selera ayam goreng khas Korea, PT. Kyochon Indonesia resmi tambah outlet baru di Puri Indah Mall, Jakarta Barat. Outlet ini melengkapi outlet sebelumnya sudah berada di Pacific Place, Kota Kasablanka, Gandaria City, Mall Kelapa Gading, Pondok Indah Mall, Summarecon Mall Serpong dan AEON BSD hingga saat ini outlet Kyochon Indonesia berjumlah delapan outlet tersebar di Jakarta dan Tangerang dan masih akan terus ekspansi di tahun 2023 ini.

PT. Sahari Multi Investama (SMI) selaku unit bisnis membawahi Hospitality hingga kini masih memaksimalkan 7 unit hotel yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia yaitu Santika Kelapa Gading Jakarta, Yello Hotel Manggarai, Amaris Padjajaran Bogor, Santika Pekalongan, Santika Radial Palembang, Amaris Sriwedari Solo dan Santikan Banyuwangi Jawa Timur. Selain hotel, Wahana miliki satu unit bisnis Hostel yang dikelola langsung yakni Temmu Co-Living berlokasi di wilayah Bandung Jawa Barat.

Sustainability dan CSR

Menjaga kondisi lingkungan tetap baik untuk generasi mendatang, keseriusan management tertuang jelas pada pendirian Sustainability Department. Kelly Budiman dipercayakan sebagai Group Head of Sustainability untuk menerapkan tiga misi utama sustainability yaitu Initiative (Inisiatif), Execution (Pelaksanaan) dan Consistency (Konsisten). Sustainability fokus untuk ciptakan lingkungan yang seimbang untuk kehidupan lebih baik dimasa mendatang.

“Beragam kegiatan sustainability yang kami lakukan sebagai langkah kecil Wahana untuk menjadi pelaku dalam menjaga kelestarian lingkungan,“ papar Kelly. Dirinya menjelaskan lebih jauh salah satu langkah yang dilakukan adalah penggunaan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap. Saat ini ada lima lokasi bisnis yang telah menerapkan teknologi energi terbarukan tersebut yaitu hotel Santika Radial Palembang, Santika Banyuwangi, Wahana Head Office, Distribution Center Cimanggis 2 dan Distribution Center Jatake. Total sebesar 189 ton CO2 Emissions telah berhasil dikurangi sejak instalasi PLTS Atap beroperasi pada Agustus tahun lalu.

Selain itu, program sustainability juga juga dilakukan untuk mengatasi masalah plastik khususnya penanganan botol plastik bekas oli jaringan bengkel resmi Honda di Jakarta Tangerang. Botol plastik bekas tersebut diolah menjadi produk yang dapat dimanfaatkan kembali, sebagai contoh souvenir gantungan kunci untuk konsumen Honda BigBike. “Tidak hanya secara korporat, Wahana juga mewajibkan setiap lini unit bisnis dan departemen untuk memiliki program sustainability,” tambahnya.
Melengkapi aksi peduli lingkungan hidup, Wahana juga miliki beragam kegiatan sosial yang terangkum pada program di bawah Yayasan Wahana Artha. Fokus di bidang kesehatan, lingkungan, pendidikan, serta pemberdayaan masyarakat, kegiatan sosial juga menjadi satu visi yang diusung secara korporat.

“Dibidang kesehatan kami miliki Rumah Sehat Wahana yang siap memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu di Jatake, Tangerang. Kegiatan sosial juga aktif berjalan, seperti bencana gempa Cianjur, bantuan ventilator untuk Rumah Sakit dan kebakaran pemukiman dekat Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara, kami langsung datang salurkan donasi,“ papar Ketua Yayasan, Vica Vayerawita.

Buka Puasa Bersama Pegiat Media
Buka puasa bersama ini rutin dilakukan oleh Wahana Artha Group (WAG) bersama pegiat media yakni Jurnalis, Blogger dan Vlogger. Selain buka puasa bersama juga sekaligus diisi dengan kegiatan Medical Check-up, Foto Hunting, Press Briefing dan Ramah Tamah yang sengaja khusus Wahana selenggarakan. Semoga kegiatan ini dapat mempererat hubungan yang telah terjalin harmonis selama ini antara Wahana Artha Group dengan pegiat media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.